Suatu ketika kita hendak mengakses sebuah website namun yang kita dapati malah pesan error. Misal Error 403 Forbidden atau Error 404 Not Found atau Error 500 Internal Server Error, padahal biasanya website tersebut dengan mudah di muat oleh browser. Untuk mengetahui berbagai penyebabnya, kita akan bahas disini.

Penyebab website tidak bisa diakses

Sebenarnya apa yang menjadi penyebab website tersebut atau bahkan website kita sendiri menunjukkan pesan error saat diakses?. Ada banyak faktor yang meyebabkan sebuah website gagal diakses, diantaranya adalah sebagai berikut.

    1. Nama domain dan hosting dari website yang bersangkutan sudah expired atau kadaluarsa atau sedang dalam tahap perpanjangan layanan. Jika sebuah domain sudah kadaluarsa, pihak penyedia nama domain biasanya memblokir sementara layanannya sehingga halaman web tidak bisa diakses. Sementara untuk perpanjangannya sendiri memerlukan waktu antara 24-72 jam tergantung kebijakan layanan pihak penyedia nama domain dan hosting.
    2. Setting DNS dan nameserver dari sebuah nama domain terjadi kesalahan. Hal seperti ini biasanya terjadi saat perpanjangan layanan nama domain atau ketika pindah layanan atau penyedia layanan nama domain. Jika si pemilik website berpindah penyedia layanan nama domain, sementara setting DNS dan nameserver masih menggunakan setting layanan lama, website yang dimaksud tidak bisa diakses selama masa perubahan layanan.
    3. File index bermasalah. File index adalah file yang bertanggung jawab terhadap halaman muka sebuah website. File index biasanya berisi scriptscript untuk menampilkan halaman awal sebagai titik mula bernavigasi dalam sebuah website. Jika file ini bermasalah seperti tidak ditempatnya maka webserver tidak akan bisa membacanya, dan jika file index ini kosong maka yang dimuat pun berupa halaman kosong.
    4. Jaringan terblokir oleh firewall. Kejadian seperti ini bisa dialami di kedua belah pihak dimana sebuah server dan seorang user tidak dapat bertemu dan melakukan akses. Firewall bisa saja memblokir sebuah server atau seorang user dengan tujuan keamanan. Contohnya adalah kesalahan login hingga beberapa kali sehingga dianggap tindakan peretasan.
    5. Koneksi jaringan internet tidak mendukung. Bila jaringan internet tidak mendukung, tidak ada yang bisa dilakukan. Kegagalan jaringan internet bisa saja terjadi di pihak server maupun di pihak user. Bila hal ini terjadi, sebuah server dan seorang user tidak dapat bertemu dan melakukan akses.
    6. Komputer milik user memblokir website yang bersangkutan. Jika anda melakukan akses terhadap sebuah website dari tempat umum dan tetap tidak bisa diakses dengan berbagai cara maka dimungkinkan bahwa komputer tersebut tidak mengizinkan akses terhadap website tersebut. Untuk itu anda harus menghubungi teknisi dari komputer yang bersangkutan.
    7. Kedengarannya agak aneh, matikan koneksi internet anda. Hidupkan kembali kemudian coba buka kembali website tersebut.

    Demikianlah artikel mengenai penyebab website tidak bisa diakses, mudah-mudahan dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *