Struktur Perulangan ada beberapa macam, diantaranya Perulangan While, Do – While, For, & Perulangan dalam Perulangan. Kita akan mempelajari satu persatunya disini, dimulai dari Perulangan While.

Perulangan While

Proses Perulangan While ini adalah ketika pertama tercapai, maka ekspresi dievaluasi. Jika salah, maka kode blok akan dilewati & Jika benar, maka blok control akan dijalankan & kemudian kembali ke atas pada pengecekan kondisi lagi selama persyaratan terpenuhi atau bernilai true. Contoh struktur sederhana dalam perulangan while bisa anda perhatikan kode PHP dibawah ini.

<?php
$x=1; //Nilai Variable
while ($x<=10) //Ekspresi { echo "$x. Diens Madang"; //Block Program $x++; } ?>

Perulangan Do – While

Perulangan dengan perintah Do – While merupakan kebalikan dari struktur perulangan While. Jika pada struktur While, pendeteksian ekspresi dilakukan pada awal perulangan, Pada struktur Do – While ini pendeteksian ekspresi dilakukan setelah proses satu loop dilakukan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan struktur perulangan Do – While dibawah ini.

<?php
$x=1; // Nilai Variable
do
{
echo “$x. PHP Oke !!!!!”; //Statement
$x++;
}
while ($x<=10); //Ekspresi ?>

Ekspresi merupakan kondisi yang harus dipenuhi sebagai syarat terjadinya perulangan. Jika kondisi pada ekspresi masih terpenuhi, maka perulangan akan masih dilakukan.

Perulangan For

Perulangan For dapat ditentukan jumlah perulangan & kelipatan perulangannya. Kita hanya perlu menuliskan nilai awal perulangan & nilai batas perulangannya. Nilai variable akan otomatis bertambah atau berkurang setiap kali proses perulangan dilakukan. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan struktur perulangan for dibawah ini.

<?php
for ($x=1;$x<=10;$x++) //Nilai Awal, Akhir, Step
{
echo “<font size=$x>Web Desain</font>”; //Statement
}
?>

Struktur diatas adalah bentuk perulangan for. Nilai awal adalah batas kondisi awal perulangan, Nilai akhir adalah batas kondisi akhir perulangan, sedangkan Step adalah step perulangan (Tingkat Kenaikan). Statement adalaha pernyataan yang diulang. Selanjutnya kita mempelajari Struktur Perulangan dalam Perulangan.

Perulangan Dalam Perulangan

Dalam bahasa pemrograman, sering kali terjadi dimana kode perulangan tersebut berada dalam perulangan yang lain. Untuk lebih jelasnya perhatikan kode PHP dibawah ini yang menjelaskan Struktur Perulangan Dalam Perulangan.

<?php
for ($x=1; $x<=10; $x++)
{
   for ($y=1; $y<=$x; $y++) 
    {
       echo “ # “; //Statement
 }
   echo “
”; //Statement
}
?>

Contoh diatas terlihat statement diproses oleh dua perulangan yaitu perulangan dengan ekspresi X dan Y. Silahkan simpan & jalankan di localhost untuk melihat hasilnya.

Tutorial selanjutnya : Mengenal Variabel Array

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *