Fungsi logika If adalah fungsi yang digunakan untuk mengerjakan proses yang berhubungan dengan kondisi. Dalam struktur logika If ini terdapat 2 jenis, If Tunggal & If Majemuk. Berikut ini saya akan jelaskan tentang Logika If Tunggal & Logika If Majemuk.

Logika If Tunggal

Logika If Tunggal adalah struktur logika yang hanya memilki satu kondisi yang harus dipilih. Contoh dari Struktur Logika If Tunggal bisa anda lihat dibawah ini.

<?php $x = 10; $y = 5; If ($x > $y) { 
//Ini adalah Ekspresi
   echo "X Lebih Besar Dari Y"; //Pernyataan 1
} Else {
 echo "X Lebih Kecil Dari Y"; //Pernyataan 2
}
?>

Ekspresi merupakan kondisi yang dijadikan pengujian, sedangkan pernyataan adalah hasil pengujian. Perintah Else digunakan untuk menjelaskan pernyataan selain dari pernyataan pertama. Selanjutnya selain Logika If Tunggal, masih ada lagi pembahasan tentang If Majemuk.

Logika If Majemuk

Logika If Majemuk terdapat lebih dari satu kondisi yang menuju pada keputusan yang akan diambil. Supaya lebih jelas, anda bisa perhatikan Struktur Logika If Majemuk dibawah ini.

<?php $x = 10; $y = 10; If ($x > $y) { //Ekspresi Pertama
 echo “X Lebih Besar Dari Y”; //Pernyataan Pertama
} elseif ($x == $y) { //Ekspresi Kedua
 echo “X Sama Dengan Y”; //Pernyataan Kedua
} else {
  echo “X Lebih Besar Dari Y”; //Pernyataan Ketiga
}
?>

Setelah sudah ditulis, silahkan anda simpan & lihat hasilnya. Apa yang dilakukan dengan logika diatas & pahami logikanya. Pembelajaran PHP ini akan berlanjut membahas tentang Struktur Logika Switch Case yang ditulis dengan judul Struktur Logika Switch Case Dalam PHP.

Tutorial selanjutnya : Struktur Logika Switch PHP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *