Agak terlambat di posting akibat padatnya kegiatan, hehe. Kemarin terpilih untuk ikut Pelatihan Kompetensi Program Revitalisasi Politeknik Negeri Banjarmasin Tahun 2017 bersama 2 orang rekan kerja dari Prodi Komputer Akuntansi. Dalam rangka kegiatan tersebut kami mengambil pelatihan sertifikasi pemrograman sesuai dengan background pendidikan kami yaitu : sistem informasi.

Sertifikasi LSP Pemrograman

Pelatihan dan Ujian Sertifikasi ini memberikan kepada para peserta berbagai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sehingga menjadi kompeten dalam melaksanakan tugas sebagai seorang pengembang atau pemrogram aplikasi komputer di organisasinya. Berbagai hal yang akan mampu dilakukan oleh peserta antara lain adalah memahami spesifikasi program, menggunakan bahasa pemrograman terstruktur maupun berorientasi obyek, mengembangkan user interface, melakukan debugging program, membuat paket perangkat lunak, dan menyusun dokumentasi kode program. Setelah mengikuti pelatihan serta lulus ujian sertifikasi ini, maka peserta akan mendapatkan pengakuan sebagai seorang pemrogram aplikasi komputer yang kompeten dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Tujuan Pelatihan

Dalam pelatihan ini, peserta akan mempelajari cara :

  1. Menggunakan spesifikasi program
  2. Menerapkan bahasa pemrograman terstruktur
  3. Mengembangkan user interface
  4. Menerapkan bahasa pemrograman Berorientasi objek
  5. Melakukan debugging program
  6. Membuat paket perangkat lunak
  7. Membuat dokumen kode program

Target Pelatihan

Pihak yang ingin mendapatkan Sertifikasi Klaster Pemrograman berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi Bidang Keahlian Programmer Komputer.



Prasyarat Peserta Pelatihan

Peserta sudah memiliki pengetahuan dasar tentang suatu bahasa pemrograman.

Output Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta akan memiliki kompetensi dalam Skema Pemrograman sebagai berikut :

  1. PR02.003.01 Menggunakan spesifikasi program
  2. PR02.006.01 Menerapkan bahasa pemrograman terstruktur
  3. PR02.005.01 Mengembangkan user interface

Jadwal Pelaksanaan

Pelaksanan kegiatan pada tanggal 25-28 September kemarin di INIXINDO Jogja. Oh ya, lembaga pelatihan yang sejak 2007 telah menawarkan solusi dalam upaya peningkatan kualitas SDM secara komprehensif. Program-program pelatihannya merupakan wujud dari peran serta Inixindo Jogja dalam mengurangi kendala kendala yang sering dihadapi instansi dalam proses kerjanya yang terkait dengan kualitas SDM. Dan secara resmi ditunjuk oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk bidang IT / TIK.

Mentor yang profesional yaitu Bapak Mustofa, penyampaian materi yang ringkas, jelas serta padat sesuai kompetensi sehingga waktu 3 (tiga) hari pembekalan menjadi tidak terasa serta di tunjang dengan pelayanan yang ramah dan komunikatif,  fasilitas Full AC, 1 peserta 1 PC serta ruang kantin layaknya di restoran dan fasilitas antar jemput peserta. Hari terakhir adalah hari ujian sertifikasi, materi ujiannya sangat sesuai dengan kompetensi yang diberikan selama pembekalan sehingga kami semua berhasil lulus secara KOMPETEN !!!. Terima kasih Inixindo Jogja.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *