Sekarang sudah banyak tersedia dan mungkin kita juga sering melakukan pengiriman barang baik itu ke keluarga, teman atau rekanan kerja. Biasanya kita memakai jasa pengiriman barang, ada banyak  perusahaan jasa pengiriman barang seperti JNE, Tiki, POS Indonesia dan lain-lain.

Salah satu jasa pengiriman barang adalah Ekspedisi H Zarkasih yang terletak di Jalan Teluk Tiram Banjarmasin. Jasa Ekspedisi yang tumbuh dan besar dari usaha keluarga. Penulis kurang lebih hampir 2 tahun menjadi programmer freelance di ekspedisi tersebut, ada banyak ilmu dan wawasan dalam dunia ekspedisi di dapat di sana.

Aplikasi Pengolahan Data Ekspedisi Berbasis Web

Berawal dari keinginan pimpinan ekspedisi agar setiap aktifitas pengiriman barang menjadi terkontrol dan informasi dapat di sajikan secara tepat dan cepat. Proses pengolahan data bersumber dari 2 gudang di Jakarta dan 1 gudang di Surabaya, kemudian gudang Surabaya, Banjarmasin, Martapura, Sampit, Samarinda dan Balikpapan sebagai penerima barang. Maka di buat sistem informasi pengiriman barang berbasis web yang mencakup :

  • modul pengiriman, memuat proses isi data pengirim dan barang, cetak kwitansi, cetak barcode;
  • modul bongkar muat. memuat proses muat/bongkar barang baik ke fuso maupun ke kontainer, retur barang, laporan muat/bongkar barang’
  • modul pencarian (tracking), proses pelacakan barang yang dikirim;
  • modul keuangan, pengolahan data keuangan dari pengiriman barang

Adapun screenshot aplikasi pengiriman barang sebagai berikut :












 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *