Linux Mint atau Ubuntu menggunakan GRUB (grand unicied bootloader) sebagai boot-loader atau boot-manager. GRUB merupakan program kecil dan juga bagian dari sistem operasi yang nantinya akan memuat sistem operasi yang tertanam pada harddisk.

Bagi brainware sistem operasi linux yang menggunakan dual boot dengan windows, mungkin pernah mengalami masalah OS yang tidak  mau booting. Hal ini disebabkan hilangnya menu GRUB yang merupakan file booting dari sistem operasi linux (pada windows biasa disebut dengan MBR). Hilang atau rusaknya GRUB biasanya disebabkan karena proses booting dan shutdown yang tidak dilakukan dengan tahap yang benar, terhapus atau baru instal OS yang baru atau tertimpa MBR ketika memperbaiki Sistem Operasi Windwos.

Pada kondisi ini OS tidak hilang atau rusak, hanya saja ada konfigurasi yang salah yang harus diperbaiki yaitu cukup mengkonfigurasi ulang file GRUB-nya. Jadi yang di instal ulang hanya boot loader nya bukan sistem operasinya, hehehe

Solusi Permasalahan

Cara mengatasi GRUB yang hilang karena berbagai hal tersebut diatas adalah dengan menggunakan CD installer atau Flashdisk Bootable yang telah dibuat sebelumnya. Untuk versi penggunaan Ubuntu/Linux Mint bisa menyesuaikan dengan installer yang sama versi nya atau diatas nya.

Masukkan CD installer atau Flashdisk Bootable ke laptop/PC dan booting dari Live CD/Flashdisk tersebut. Setelah berhasil masuk ke desktop, buka Terminal dan jalankan beberapa perintah dibawah ini:

1. Untuk menemukan dimana letak partisi Linux:

$ sudo fdisk -l

Pada Terminal akan terlihat lokasi instalasi Linux Anda, partisi linux saya berada pada /dev/sda5, dan pada partisi Anda mungkin berbeda, bisa saja di /dev/sda6, /dev/sda7, dan lainnya.

2. Mount partisi dimana instalasi Linux berada:

$ sudo mount /dev/sdaX /mnt

Perhatikan, /dev/sdaX adalah lokasi instalasi Ubuntu. Lokasi instalasi ini tergantung pada hasil pada langkah 1.

3. Install GRUB ke partisi yang sudah di-mount

$ sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda

4. Update GRUB

Setelah langkah diatas berhasil dijalankan, langkah berikutnya adalah update GRUB yang baru saja diinstal.

$ sudo update-grub

Setelah itu, restart komputer untuk memastikan apakah GRUB sudah tampil pada saat booting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *