Selain variable, dalam bahasa pemrograman PHP juga terdapat Tipe Data. PHP memiliki beberapa jenis Tipe Data yang meliputi integer, floating-point number, strings, Boolean, null, array, object & resources. Berikut ini penjelasan beberapa Tipe Data tersebut.

1. Integer

Integer merupakan sebuah bilangan dari -2,147,483,648 sampai +2,147,483,647 dalam computer 32 bit. PHP mengijinkan penulisan integer dalam 3 cara yaitu decimal, octal & hexadecimal. Desimal merupakan bilangan yang berdasar pada 10 angka. Bilangan ini yang biasa digunakan sehari-hari.

Oktal merupakan bilangan yang berbasis pada delapan angka dari 0 hingga 7. Dalam penulisan bilangan octal didahului dengan penulisan angka 0. Bilangan ini biasa dipakai untuk penulisan perizinan / permission pada system UNIX. Contohnya 0777 untuk file permission public.

Heksadesimal meripakan bilangan yang berbasis pada 16 bilangan yang dimulai dengan 0x kemudian diikuti dengan angka dari 0 hingga 9 / huruf A hingga F. Contoh dari semuanya sebagai berikut :

<?php
$a = 1234; //Bilangan Decimal
$b = -123; //Bilangan Negatif
$c = 0123; //Bilangan Oktal
$d = 0x1A; //Bilangan Hexadecimal
?>

Tutorial selanjutnya : Floating Numbers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *