CakePhp adalah sebuah framework PHP tentu saja bersifat open source alias gratis, Tujuannya untuk memungkinkan kita bekerja dalam cara yang terstruktur dan cepat tanpa kehilangan fleksibilitas.

Kelebihan CakePHP

Adapun kelebihan dari CakePHP tersebut :

1. Ringan . Ya,  CakePHP adalah salah satu framework paling ringan kedua setelah Code Igniter, dengan ukuran 300 Kb dalam satu file .zip . Salah satu prinsip yang dijunjung tinggi oleh para programmer CakePHP adalah “no we-might-need-it code”, atau dengan kata lain, semua code dalam CakePHP adalah bermanfaat dan selalu digunakan dalam pembuatan aplikasi. Tidak ada code-code sampah yang tidak berguna dan memperbesar ukuran framework secara keseluruhan.

2. Kompatibel dengan PHP 7 dan minimal PHP 5.6.0 versi 3.

3. Scaffolding feature. CakePHP mempunyai fitur yang mampu men-generate prototype aplikasi kita, sebelum kita menyusun source code nya secara lengkap. Cukup tambahkan variabel $scaffold di controller anda, dan zapp ! Aplikasi anda sudah bisa anda nikmati .., seperti instantnya anda membuat kue.

4. Mendukung AJAX. Buat kamu-kamu yang suka mainan animasi real time pake AJAX, CakePHP sudah mendukung AJAX. Yang pasti aplikasi Web 2.0 AJAX yang kamu buat akan berjalan dengan cepat dan mudah.

5. Komunitas developer yang luas. Yah, bagi Anda yang memang sudah siap terjun untuk menjadi pengembang CakePHP, silahkan sambangi komunitas-komunitas yang ada, di irc.cakephp.org, atau di channel #cakephp

6. Yang jelas, CakePHP yang dikembangkan oleh Cake Software Foundation ini sangat cocok untuk diterapkan dalam berbagai project Anda.

/*————————————————————————————————————————————-*/

Keuntungan dari CakePHP :

  1. Open Source
  2. Mendukung Ajax
  3. Automatic Function
  4. Mendukung PHP 7 dan minimal PHP 5.6.0 ver. 3
  5. Konsep MVC (Models, Views, Controller)
  6. Mendukung ORM

 

 

/*————————————————————————————————————————————-*/

Mengenal Konsep MVC Pada CakePHP

CakePHP mengikuti pola desain MVC  Memprogram menggunakan MVC memisahkan aplikasi menjadi tiga bagian utama: Model yang merepresentasikan data aplikasi   View yang menyajikan presentasi data dari model   Controller yang menangani dan mengalihkan request  dari klien.

 Gambar diatas menunjukkan sebuah contoh dari kerangka request MVC dalam  CakePHP.

Untuk mengilustrasikan, asumsikan seorang klien bernama Handoko

  1. Handoko  telah mengklik taut “Beli buku ini sekarang!” di halaman beranda (home) aplikasi Anda. Joko mengklik taut yang merujuk ke http://www.example.com/buku/beli  dan peraba (browser) yang digunakannya akan membuat request  ke web server Anda.
  2. Dispatcher mengecek URL request  (/buku/beli), dan mengarahkan request  tersebut ke controller  yang sesuai.
  3. Controller mengeksekusi logik aplikasi. Misalnya, controller  mengecek apakah Handoko telah login.
  4. Controller juga menggunakan model  untuk memperoleh data  dari aplikasi. Model umumnya merepresentasikan tabel database, tapi  model dapat juga merepresentasikan entri LDAPRSS  feeds, atau file pada sistem.  Dalam contoh ini, controller  menggunakan model untuk mengambil data pembelian terakhir si Handoko dari database.
  5. Setelah memproses data, controller memberikan hasilnya ke view. View mengambil data akhir dan menyiapkannya untuk ditampilkan ke klien. View dalam CakePHP umumnya berupa format HTML, tapi view  dapat juga berupa PDF, dokumen XML, atau JSON object (tergantung kebutuhan Anda).
  6. Saat view selesai menggunakan data yang diberikan controller  untuk menghasilkan tampilan, isi dari view  tersebut akan dikembalikan ke peraba si Handoko.

Kelebihan MVC

Kenapa   menggunakan MVC? Karena MVC merupakan pola desain perangkat lunak yang  tepat dan teruji, yang membuat aplikasi menjadi terjaga, modular, dan  berkembang cepat. Mendesain bagian aplikasi menjadi Model, View dan  Controller membuat aplikasi lebih kokoh. Fitur baru dapat dengan mudah  ditambahkan, dan tampilan baru pada fitur lama merupakan sebuah  cuplikan.Desain yang terpisah dan modular membuat pengembang dan desainer dapat bekerja secara serempak, termasuk mempercepat proses prototyping . Pemisahan dengan MVC juga membuat pengembang leluasa melakukan perubahan di suatu bagian tanpa mempengaruhi bagian lainnya.

Selanjutnya -> cara instalasi CakePHP atau untuk mempelajari lebih dalam dan mendownload sourcecode framework CakePHP anda bisa  ke website resmi CakePHP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *