Untuk menjalankan Aplikasi PHP, kita diharuskan mempunya Web Server & Web Browser. Untuk setiap computer dengan berbagai Sistem Operasi pasti sudah mempunyai Web Browser seperti Internet Explorer, Safari bahkan Mozilla Firefox. Jika belum ada silahkan download Mozilla Firefox di web officialnya.

Web Server adalah Sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP / HTTPS dari client yang dikenal Web Browser & mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman web yang umumnya berbentuk HTML.

Jenis-jenis Web Server diantaranya adalah Apache, IIS, Lighttpd, Jigsaw, Sun Java & Xitami Web Server. Tapi yang banyak digunakan adalah Apache Web Browser. Apache dapat dijalankan di Sistem Operasi Windows, Linux, Mac OS, BSD & Novell Netware.

Untuk cara installasinya silahkan anda unduh dulu paketnya xampp server lalu pilih system operasi yang anda gunakan. Setelah berhasil di download anda install seperti install aplikasi pada umumnya.

Untuk mengaksesnya, Jalankan XAMPP & aktifkan PHP, MySQL, & FTP. Akses http://localhost di Web Browser anda. Untuk mengakses phpMyAdmin anda bisa menuju http://localhost/phpmyadmin.

Tutorial Selanjutnya : Mengenal Struktur PHP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *